• ARTIKEL

    Pada kategori ini kami memuat tentang karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

  • GEOGRAFI

    Pada kategori ini kami memuat segala hal terkait dengan Geografi, yaitu terkait dengan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.

  • PENDIDIKAN

    Berisi berbagai catatan untuk mendukung dan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kemampuan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

  • GALERI DAN FOTO

    Berisi tentang berbagai moment yang berhasil kami abadikan dengan kamera, selain itu dilengkapi pula dengan keterangan serta penjelasan dari obyek-obyek tersebut.

PENGELOLAAN KELAS


Kelas adalah sekelompok siswa yang secara bersama-samamelakukan kegiatan belajar dan pembelajaran dengan di bombing oleh seorang guru

A. Pengertian

“Kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap personal untuk melakukan kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efesien untuk perkembangan murid”

(Suharsimi Arikunto)

“Usaha sengaja oleh guru agar anak didik dapat belajar secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan belajar”

(Faturrohman dan Sutikno)

B. Enam indicator keberhasilan pengelolaan kelas

1. Perubahan prilaku

2. Guru dan siswa terlibat secara aktif

3. Kegiatan perluasan dan pengayaan yang bersifat positif dan produktif

4. Suasana belajar yang ceria

5. Tidak dirasakan kelelahan fisik dan mental

6. Tidak terjadi kecelakaan kerja

C. Aspek yang dikelola

1. Administrasi

- Absen

- Jurnal mengajar

- Rekaman belajar

- Daftar infentaris

- Daftar kebutuhan

- Administrasi penilaian (rapot bagi wali kelas)

2. Aspek Fisik

- Ruang

- Meubelair

- Peralatan media

- Peralatan praktik

- Peralatan keselamatan kerja

- Peralatan pendukung lainnya

3. Aspek Nonfisik

Berkaitan dengan aspek non fisik:

- Tidak ada intimidasi atau konflik

- Tidak ada dominasi dan diskriminasi

- Semua siswa memperoleh layanan pendidikan secara adil

- Semua siswa memperoleh kesempatan dan didorong untuk berkembang

- Tidak mencabut siswa dari akar budaya dan kepercayaan aslinya.



0 komentar:

 
Copyright © 2010-2011 Malik Abdul Karim
Original Concept My Blogger Themes Support Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda