Kelas adalah sekelompok siswa yang secara bersama-samamelakukan kegiatan belajar dan pembelajaran dengan di bombing oleh seorang guru
A. Pengertian
“Kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap personal untuk melakukan kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efesien untuk perkembangan murid”
(Suharsimi Arikunto)
“Usaha sengaja oleh guru agar anak didik dapat belajar secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan belajar”
(Faturrohman dan Sutikno)
B. Enam indicator keberhasilan pengelolaan kelas
1. Perubahan prilaku
2. Guru dan siswa terlibat secara aktif
3. Kegiatan perluasan dan pengayaan yang bersifat positif dan produktif
4. Suasana belajar yang ceria
5. Tidak dirasakan kelelahan fisik dan mental
6. Tidak terjadi kecelakaan kerja
C. Aspek yang dikelola
1. Administrasi
- Absen
- Jurnal mengajar
- Rekaman belajar
- Daftar infentaris
- Daftar kebutuhan
- Administrasi penilaian (rapot bagi wali kelas)
2. Aspek Fisik
- Ruang
- Meubelair
- Peralatan media
- Peralatan praktik
- Peralatan keselamatan kerja
- Peralatan pendukung lainnya
3. Aspek Nonfisik
Berkaitan dengan aspek non fisik:
- Tidak ada intimidasi atau konflik
- Tidak ada dominasi dan diskriminasi
- Semua siswa memperoleh layanan pendidikan secara adil
- Semua siswa memperoleh kesempatan dan didorong untuk berkembang
- Tidak mencabut siswa dari akar budaya dan kepercayaan aslinya.
0 komentar:
Posting Komentar